cs@webpraktis.com +62 812 1140 0033 (Customer Care) +62 857 7494 8401 (Pemesanan)

Blog Detail Trik Meningkatkan Omzet Tanpa Keluar Biaya Lebih

Trik Meningkatkan Omzet Tanpa Keluar Biaya Lebih

Di dalam dunia bisnis, ada 2 istilah penting yang mungkin sudah sering Anda dengar, yaitu omzet dan profit/keuntungan. Omzet adalah total pemasukan yang diperoleh dalam suatu periode dan belum dikurangi biaya lainnya, sedangkan keuntungan (profit) adalah omzet yang sudah dikurangi oeh biaya-biaya tertentu (seperti biaya produksi, promosi, dll).

Sebelum membahas cara-cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keuntungan bisnis (profit), Anda harus paham terlebih dahulu mengenai istilah-istilah di atas. Dengan begitu, Anda bisa menerapkan beberapa kiat di bawah ini.

1. Menaikkan Harga
Untuk meningkatkan keuntungan bisnis, Anda bisa secara perlahan menaikkan harga dari produk yang Anda jual. Bila Anda bingung bagaimana caranya, Anda bisa melihat tren harga di pasar atau melihat daya beli target market Anda. Namun, ada hal penting yang perlu Anda ingat, yaitu jangan asal menaikkan harga. Anda bisa melakukan survei ke konsumen apakah mereka bisa menerima bila Anda menaikkan harga dengan jumlah tertentu.

2. Mengurangi Biaya
Selain menaikkan harga, cara lain yang bisa Anda lakukan ialah mengurangi pengeluaran biaya rutin. Misalnya, Anda menjual baju jersey yang dengan membuat brosur dan rutin membuka stand. Kedua strategi ini biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda bisa mengurangi biaya dengan mengganti strategi pemasaran yang menggunakan strategi media sosial marketing atau dengan membuat website yang relatif lebih sedikit biayanya.

3. Gunakan Teknik Cross Selling
Maksud dari strategi ini ialah mendorong konsumen untuk membeli produk lain selain produk yang biasa mereka beli. Contoh, Anda mempunyai salon. Cara agar keuntungan Anda meningkat adalah dengan menawarkan ke konsumen yang baru saja potong rambut untuk melakukan creambath dengan harga diskon. Dengan begitu, konsumen bisa membeli produk/jasa Anda lainnya walaupun dengan potongan harga.

4. Kelola Manajemen Keuangan dengan Baik
Banyak UMKM yang tidak mendapat keuntungan dari binisnya karena tidak melakukan menajemen keuangan dengan baik. Agar keuntungan Anda mudah dipantau, Anda perlu melakukan pencataan dengan rapi dari setiap pemasukan yang Anda peroleh. Sebaiknya Anda juga memisahkan rekening bisnis dan rekening pribadi.

5. Buat Target Pasar untuk Kalangan Menengah ke Atas
Salah satu cara yang bisa meningkatkan keuntungan produk yang Anda jual ialah memperluas target pasar Anda untuk kalangan menengah ke atas. Jika Anda biasanya menjual suatu produk dengan harga Rp50.000, Anda bisa menjual produk tersebut denngan harga Rp100.000 atau lebih bila sasaran segmentasi Anda ditunjukkan untuk kalangan menengah ke atas.

6. Membuat Program Marketing
Buatlah program marketing untuk memperbesar angka pembelian dan meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Dalam konteks UMKM, program marketing ini biasanya direncanakan untuk satu atau tiga bulan. Program marketing ini nantinya terdiri dari berbagai aktivitas promosi yang dilakukan untuk meningkatkan pembelian konsumen. Contohnya dengan cara membuat program bonus atau diskon jika konsumen membeli dalam jumlah tertentu. 

7. Buatlah Toko Online
Tahukah Anda bahwa menurut data Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), lebih dari 143 juta orang Indonesia menggunakan internet pada tahun 2017. Besarnya jumlah pengguna internet tidak boleh Anda sia-siakan sebagai seorang pebisnis. Jadikan bisnis Anda Go Online. Website inilah yang akan mempermudah bisnis Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Sudahkan Anda memiliki website/toko online untuk bisnis Anda? Bagi Anda yang belum memiliki website atau toko online, Anda bisa memilikinya dengan klik Buat Web Sekarang. asakan kemudahan membuat website dengan harga murah di Webpraktis. Untuk informasi lainnya, silakan langsung dilihat di tutorial atau FAQ kami.


Artikel Terkait


Komentar


  • Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar