Blog Detail

Tips Memilih Platform Pembuatan Toko Online Untuk Memulai Bisnis Online

Tips Memilih Platform Pembuatan Toko Online Untuk Memulai Bisnis Online
  • Webpraktis
  • Rabu, 27 April 2016
  • 2911
  • Bisnis Online



Satu hal yang paling menyebalkan ketika membuka sebuah situs toko online adalah ketika situs tersebut membutuhkan waktu lama untuk membukanya. Padahal, tak ada yang salah dengan provider internet yang digunakan oleh pengguna internet. Namun mengapa loading situs toko online tersebut terasa begitu berat dan lama? Hal semacam itu biasanya terjadi karena toko online yang ingin dikunjungi menampilkan seluruh produknya di halaman homepage, atau mungkin terlalu banyak widget tambahan di sisi website dan sebagainya.

Website toko online merupakan penghubung antara Anda dengan pengguna internet lainnya tanpa terikat jarak dan waktu. Tampilan situs toko online yang bagus dan profesional tidak melulu harus rumit, mewah maupun memiliki banyak hiasan. Pengguna internet justru lebih senang mengunjungi situs toko online dengan tampilan sederhana sehingga cepat saat membukanya. Sebagai pebisnis online, Anda perlu memunculkan kesan profesional pada toko online Anda agar bisnis Anda terlihat serius dan tidak main-main. Namun bagaimana caranya memilih platform pembuatan toko online yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Simak tips memilih platform pembuatan toko online untuk memulai bisnis online berikut ini.

Pastikan bahwa platform pembuatan toko online yang akan Anda gunakan memiliki banyak pilihan desain template dengan tampilan yang dinamis.
Toko online merupakan wajah dari bisnis Anda. Jadi, desain yang apik dan menarik mutlak dihadirkan dalam setiap tampilan toko online. Perhatikan perpaduan warna, tipografi, layout, dan beberapa fitur navigasi. Pastikan pula toko online Anda menggunakan warna dasar putih atau warna-warna pastel seperti krem, soft pink atau abu-abu muda dan dominasikan dengan tulisan berwarna gelap. Hal ini dapat membuat pengunjung nyaman dan betah berselancar di toko online Anda. Coba bayangkan, apa yang akan Anda rasakan ketika mengunjungi sebuah situs berbelanja dengan background berwarna hitam gelap dan tulisan berwarna putih? Beberapa orang akan mengerutkan dahi sambil mengatakan, situs toko Anda membuat saya sakit mata.

Sebelum memilih platform pembuatan toko online untuk memulai bisnis online, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah mempelajari jenis-jenis desain maupun template yang dimiliki oleh platform tersebut. Dengan memanfaatkan platform pembuatan toko online, Anda akan mendapatkan kemudahan untuk memiliki toko online Anda dengan tampilan yang lebih menjual. Toko online milik Anda dijamin akan memiliki desain yang menarik dan memiliki fitur-fitur yang cocok untuk mempromosikan usaha Anda. Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis pakaian, tentunya Anda membutuhkan desain template yang casual maupun menggunakan warna cerah. Berbeda dengan pebisnis yang memiliki usaha jual beli barang elektronik, yang dibutuhkan tentunya desain dengan tampilan yang simpel dan up to date.

Konsultasikan menu dan fitur yang perlu Anda tampilkan pada toko online melalui platform pembuatan toko online yang akan Anda gunakan.
Agar dapat diakses dengan mudah oleh pengguna internet, mintalah penyedia jasa untuk memerhatikan detail pengerjaan di beberapa poin utama. Hal tersebut bertujuan agar toko online milik Anda dapat diakses dengan baik melalui berbagai jenis browser. Desain navigasi juga harus dapat dioperasikan oleh pengguna dengan mudah. Jangan sampai toko online yang Anda buat terlihat terlalu rumit dan membingungkan pengunjung. Gunakan toko online ataupun marketplace yang sudah ternama sebagai benchmark untuk tampilan situs Anda.

Dengan banyaknya pilihan jenis gadget, pastikanlah bahwa toko online Anda nantinya telah mobile friendly dan dapat diakses di berbagai jenis gadget dengan tampilan yang sesuai.

Pelajari sistem yang ditawarkan oleh platform pembuatan toko online yang akan Anda gunakan untuk memulai bisnis online Anda.
Walaupun Anda dapat membayar jasa platform pembuatan toko online untuk memulai bisnis online, Anda juga perlu mempelajari bagaimana sistem untuk mengaplikasikan toko online Anda. Jangan sampai sistem tersebut hanya diketahui oleh si penyedia jasanya saja. Jangan melulu mengandalkan jasa mereka, namun Anda perlu mempraktikan sendiri bagaimana caranya mengupload konten di toko online Anda sendiri.
Banyak platform pembuatan toko online yang nakal. Mereka bahkan tidak mau memberikan akses untuk website Anda sehingga ketika Anda ingin menambahkan konten baru, Anda akan dikenakan charge terlebih dahulu. Begitu pula apabila Anda me-request beberapa fitur untuk melengkapi toko online Anda. Banyak platform toko online yang akan memberikan biaya tambahan untuk memenuhi request Anda selain dari biaya pembuatan website di awal. Tidak mau kan, seperti itu?

Pilih platform pembuatan toko online yang memiliki izin perusahaan yang legal serta memiliki Customer Service yang dapat membantu setiap Anda mengalami kesulitan.
Mungkin Anda memang tidak bisa membuat toko online, namun banyak orang di luar sana yang memiliki profesi untuk menyediakan jasa tersebut secara personal tanpa mendirikan badan usaha. Banyak pemilik website toko online yang kemudian websitenya hilang, tidak dapat diakses atau tidak bisa diperpanjang pada tahun kedua ketika membuat toko online melalui orang lain secara personal tanpa badan usaha dikarenakan orang tersebut pindah alamat, ganti nomor telepon, dan lain-lain. Penting untuk Anda untuk mencari platform pembuatan toko online yang aman dan terpercaya.

Selain memiliki izin badan usaha secara resmi, salah satu indikator bahwa platform pembuatan toko online Anda dapat dipercaya adalah memiliki Customer Service yang siap membantu setiap Anda mengalami kesulitan, baik melalui aplikasi chat, telepon maupun email. Untuk Anda para pengguna Webpraktis yang mengalami kesulitan dan memerlukan konsultasi secara personal, Anda dapat mendaftarkan diri melalui halaman Webpraktis.com/antrian. Konsultasi gratis mengenai website ataupun toko online diadakan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis pukul 13.00 15.00 WIB.

Sebagai platform pembuatan website dan toko online yang murah dan mudah digunakan, Webpraktis juga menyediakan sarana training untuk membantu Anda Go Online. Webpraktis biasanya mengadakan training pembuatan website dan memaksimalkan SEO di Jakarta dan Bandung sehingga Anda bisa mendaftarkan diri apabila mendapatkan informasinya melalui sms, email ataupun social media. Hal tersebut tidak akan Anda temukan di jasa pembuatan website dan platform pembuatan toko online lainnya. Karena bagi tim Webpraktis, membuat website toko online dengan harga murah dapat dilakukan oleh siapa saja, namun mengelola dan mempromosikannya adalah yang paling utama dan harus dipelajari secara detail. Hal ini merupakan solusi bagi pebisnis online yang ingin membuat website dan toko online dengan harga murah namun tetap mendapatkan pelatihan yang maksimal.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki website maupun toko online, Anda dapat membuat website dengan harga murah di Webpraktis.com. Untuk informasi lainnya silakan langsung dilihat di tutorial atau FAQ kami.

Selamat membuat website dan toko online dengan mudah dan murah di Webpraktis.

Contact Us:
PIN BB 519E6D71
Instagram @webpraktis
WhatsApp: 081806815793

Comments :
  •   Reply
    Lorenzo Peterson
    20th October, 2019 at 01:25 pm

    " There are many variations of passages of Lorem Ipsum available, but the majority have suffered alteration in some form, by injected humour "

  •   Reply
    Tammy Camacho
    20th October, 2019 at 05:44 pm

    " There are many variations of passages of Lorem Ipsum available, but the majority have suffered alteration in some form, by injected humour "

  •   Reply
    Tammy Camacho
    21th October, 2019 at 03:44 pm

    " There are many variations of passages of Lorem Ipsum available, but the majority have suffered alteration in some form, by injected humour "

    •   Reply
      Calvin Camacho
      21th October, 2019 at 05:55 pm

      " There are many variations of passages of Lorem Ipsum available, but the majority have suffered alteration in some form, by injected humour "

    •   Reply
      Tammy Camacho
      22th October, 2019 at 05:44 pm

      " There are many variations of passages of Lorem Ipsum available, but the majority have suffered alteration in some form, by injected humour "

Leave A Comment :