cs@webpraktis.com +62 812 114 000 33 (Customer Care) +62 857 7494 8401 (Pemesanan)

Blog Detail Tips Fotografi untuk Foto Produk

Tips Fotografi untuk Foto Produk

Konsumen yang mengunjungi media sosial jualan kita pada dasarnya tidak tahu pasti tampilan produk yang kita jual. Foto-foto produk yang kita uploadlah yang nantinya akan menentukan mereka untuk membeli barang dari online shop kita.


Semakin bagus foto yang ditampilkan, maka semakin membuat orang tertarik untuk membeli. Maka dari itu Anda harus memperhatikan kualitas foto setiap produk yang dijual.Untuk menghasilkan foto terbaik, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini.


Pertama-tama, pilih kamera yang memiliki resolusi tinggi. Usahakan untuk menggunakan kamera yang berkualitas seperti DSLR atau mirrorless yang bagus. Namun jika dana terbatas, memakai kamera ponsel juga tidak masalah, asalkan gambarnya tidak blur dan detail produk bisa terlihat dengan baik. 


Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila menggunakan kamera handphone atau smartphone:

- Jangan menggunakan fitur zoom. Dekatkanlah kamera ke objek foto sebagai gantinya

- Pegang handphone se-stabil mungkin. Gunakan kedua tangan agar membuatnya lebih stabil saat pengambilan gambar dan mengurangi risiko blur karena goyang. Jika perlu, Anda bisa menggunakan tripod khusus handphone

- Pada opsi kamera, pilih resolusi yang paling tinggi dan maksimal


Tips yang kedua, gunakan pencahayaan yang baik. Anda bisa menggunakan sumber cahaya dari matahari atau lampu. Namun, pastikan cahayanya tidak berlebihan, karena dapat menghasilkan foto dengan kontras yang kuat dan highlight yang sangat terang. Perhatikan juga asal cahaya, apakah dari depan, belakang, samping, atau atas. Pastikan pencahayaan tidak menimbulkan bayangan yang menganggu keindahan foto.


Ketiga, lakukan penataan background foto. Background yang berwarna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu, paling baik untuk fotografi produk. Seperti karton putih, dinding ruangan, atau kain tebal yang tanpa tekstur. Bisa juga menggunakan background dengan motif sederhana seperti papan kayu. Background tersebut akan membuat produk terlihat menonjol. Boleh saja menggunakan aksesoris pendukung untuk menambah daya tarik.  Namun hindari penggunaan background yang ramai. Karena yang Anda ingin perlihatkan adalah produknya, bukan benda lain di sekitarnya.


Gunakan model bila diperlukan. Tapi sebaiknya, hanya untuk produk yang dipakai saja seperti pakaian. Ini akan memberikan gambaran jelas kepada calon pembeli bagaimana pakaiannya saat dipakai.


Pilih angle foto yang pas. Lakukan pengambilan foto dari berbagai sisi atau sudut objek, lalu pilihlah salah satu foto yang menurut Anda paling baik hasilnya.


Lalu, editlah foto untuk mempercantik tampilan. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop atau aplikasi edit foto lainnya yang sudah bisa dengan mudah Anda download di Playstore smartphone Anda.


Terakhir, perhatikan ukuran foto sebelum diupload. Pastikan foto produk yang Anda pilih terlalu kecil dan tidak pecah saat diupload.



Nah, itu dia beberapa tips mendapatkan foto produk terbaik yang bisa Anda praktikkan. Jika Anda merasa belum menguasai fotografi produk dan tidak memiliki peralatan yang memadai, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal diatas. Apalagi jika Anda seorang pebisnis pemula, Anda tidak mungkin harus menyewa jasa fotografer terus-menerus bukan?



Artikel Terkait


Komentar


  • Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar