cs@webpraktis.com +62 812 126 207 00 (Customer Care) +62 818 068 157 93 (Pemesanan)

Blog Detail Bingung Mencari Inspirasi untuk Bisnis Anda?

Bingung Mencari Inspirasi untuk Bisnis Anda?

Anda ingin memulai usaha, tapi tidak tahu harus memulai usaha di bidang apa? Wah, gawat. Kalau Anda masih saja mentok dalam menentukan jenis bisnis apa yang akan Anda jalankan, Anda tidak akan memulai bisnis sampai kapanpun.

Pada prinsipnya, sebuah peluang usaha muncul sebagai solusi atas masalah yang terjadi. Hal mendasar yang perlu Anda lakukan adalah membaca kondisi lingkungan di mana bisnis Anda akan dijalankan.

Inspirasi bisa Anda dapat dari mana saja. Buka mata lebar-lebar. Mulailah peka dengan keadaan sekitar. Coba simak baik-baik tulisan ini. Mungkin salah satu contoh bisnis di bawah sesuai untuk Anda.

1. Sampai kapanpun, bisnis kuliner tidak akan mati ditelan zaman. Pangan merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia yang memungkinkan bisnis kuliner tetap eksis keberadaannya. Namun, karena alasan tersebut juga lah bisnis kuliner sudah banyak bertebaran. 

Bisnis kuliner begitu menjanjikan, maka persaingannya pun semakin ketat. Maka dari itu, bila Anda ingin membuat usaha di bidang ini, Anda harus kreatif dan inovatif dalam memasarkannya. Buatlah sesuatu yang unik dari biasanya agar bisnis Anda memiliki nilai lebih dibandingkan dengan bisnis  lain yang serupa. 

Bisnis di bidang kuliner yang bisa Anda jalankan di antara lain seperti katering, berjualan makanan khas daerah, atau membuka restoran. Membuka warung makan di rumah juga bisa dijadikan pilihan bila modal Anda terbatas.

2. Sandang, pangan, papan. Memulai bisnis di bidang fashion pasti akan menguntungkan karena semua orang membutuhkannya sebagai salah satu kebutuhan primer. Target pasar dari bisnis fashion sangat luas dan berpotensi untuk terus dimaksimalkan. Bisnis fashion ini mempunyai cakupan yang banyak. Bukan hanya pakaian/baju, aksesoris ataupun alas kaki juga merupakan jenis fashion yang mempunyai peluang usaha tinggi.

3. Memulai usaha bidang jasa bisa Anda coba di rumah. Untuk Anda yang memiliki beberapa keahlian, Anda bisa mencoba bisnis di bidang jasa, seperti membuka kursus atau bimbel, jasa jahitan, potong rambut, ataupun tempat penitipan anak. Letak geografis juga akan membantu peluang usaha Anda di bidang jasa makin meningkat. Contohnya, bila tempat tinggal Anda berada di daerah dekat kampus, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa laundry maupun fotokopi. 

4. Cobalah memulai usaha produk kreatif yang berawal dari hobi Anda. Sesuatu yang berseni biasanya lebih memiliki nilai jual tinggi. Segmentasi pasarnya juga luas karena produk kreatif dapat diterima semua kalangan tergantung tingkat kebutuhannya. Luksian dari kain perca, tas dari sampah plastik, sampai drum atau ban bekas yang dijadikan meja dan bangku merupakan contoh produk kreatif yang diminati banyak orang.

Bila Anda bingung menentukan produk kreatif apa yang sekiranya bisa Anda jadikan peluang usaha, mulailah cari tahu dari hobi Anda. Misalnya, bila Anda suka menulis quotes, jangan sia-siakan quotes Anda hanya untuk dijadikan caption Instagram atau status Facebook saja. Anda bisa mendesain quotes tersebut dan menjadikannya cover buku tulis. 

Bagi Anda yang punya hobi menggambar atau melukis, Anda juga bisa menyalurkan hobi tersebut dengan memulai usaha seperti membuat kaos lukis atau sepatu lukis. Bukan sekadar menyalurkan hobi, dengan begitu Anda bisa mendapatkan pundi-pundi uang dengan melakukan hal yang Anda sukai.

5. Bisnis waralaba/franchise merupakan solusi bagi Anda yang ingin memulai usaha, tapi terkendala dengan keterampilan dan pengalaman. Bila Anda bingung untuk menciptakan tren usaha baru, Anda bisa memilih bisnis jenis ini. Waralaba sendiri adalah bisnis yang memberikan hak kebebasan menjual produk tertentu dengan syarat yang telah disepakati bersama. 

Memulai usaha ini cukup mudah dan menguntungkan bagi pengusaha pemula seperti Anda. Anda akan dibantu oleh pemilik atau perusahaan franchise mulai dari pembekalan, training, proses awal, hingga pengembangan usaha. Usaha waralaba ini juga tidak membutuhkan modal terlalu besar untuk memulainya. 

6. Bisnis online merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang mempunyai budget sedikit. Hanya bermodalkan laptop, smartphone, dan kuota internet, Anda bisa memasarkan produk lewat internet. Tanpa perlu memiliki lapak atau kios dagang, Anda bisa menjalankan bisnis jenis ini sambil mengurus anak di rumah atau bahkan sambil tidur-tiduran di kasur kesayangan Anda. 

Banyak media yang bisa digunakan dalam menjalankan bisnis online, seperti media sosial dan website. Dalam berbisnis online, promosi melalui media sosial saja tidaklah cukup untuk memasarkan produk. Maka dari itu, Anda memerlukan website dalam menjalankan bisnis online. Website membuat bisnis online Anda jauh dari kesan penipuan.

Bila dalam jual beli konvensional Anda memerlukan toko untuk memasarkan produk, maka website adalah toko untuk bisnis online Anda. Memiliki website yang mempunyai beragam fitur untuk memudahkan pembeli melakukan transaksi sangatlah penting dalam pengelolaan bisnis online Anda.


Pertanyaannya sekarang, apa Anda sudah mempunyai website? Jangan salah, website bukan hanya dibutuhkan untuk bisnis online saja, bisnis offline Anda juga akan sangat terbantu dengan adanya website. 

Sebelum memilih platform pembuatan website yang akan membantu penjualan bisnis Anda, Anda bisa mencoba berbagai keunggulan fitur Webpraktis dengan membuat website secara gratis selama 14 hari. Sekarang, membuat website dengan mudah dan biaya yang murah bukan lagi hambatan untuk bisnis Anda. 

Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa klik Buat Website Sekarang dan lihat petunjuknya di tutorial atau FAQ kami.


Artikel Terkait


Komentar


  • Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar