cs@webpraktis.com +62 812 126 207 00 (Customer Care) +62 818 068 157 93 (Pemesanan)

Blog Detail 6 Hal Tentang Merek yang Sering Diabaikan Pebisnis

6 Hal Tentang Merek yang Sering Diabaikan Pebisnis

Pebisnis seringkali lupa bahwa bisnis tidak hanya berbicara tentang meningkatkan omzet dan membangun strategi penjualan. Bisnis yang mampu bertahan dalam jangka panjang memilki pemahaman yang mendalam tentang merek. Berikut ini beberapa hal penting tentang merek bisnis yang harus kita ketahui:


1. Merek Mewakili Kepercayaan Konsumen

Pada dasarnya merek penting untuk bisnis, mulai dari bisnis skala kecil hingga skala besar. Merek tidak hanya menggambarkan suatu logo, melainkan merek juga mewakili kepercayaan konsumen terhadap produk. Inilah yang disebut dengan citra atau brand image. Jika sebuah merek memiliki citra yang baik, pada dasarnya merek tersebut dipercaya oleh konsumen.


2. Merek Penting Untuk Pertumbuhan Bisnis 

Merek yang dibangun dengan baik akan menghasilkan long term revenue dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, buatlah logo merek yang bisa mewakili karakter produk perusahaan, menarik, serta mudah diingat.


3. Slogan 

Merek Selain logo merek, buat juga tagline/slogan yang mudah diingat. Slogan ini bermanfaat untuk brand recall sehingga merek pun mudah diingat dan dimengerti. Slogan ini bisa merupakan gambaran singkat, komitmen perusahaan atau gambaran kualitas yang ditonjolkan. Misal Telkom dengan World in Your Hand atau AirAsia dengan Everyone Can Fly.


4. Promosi itu Penting 

Komunikasikan merek secara berkelanjutan, tempatkan di setiap aktivitas promosi, lokasi penjualan, saat event, dan sebagainya. Jangan lupa, merek bisa dibangun secara efektif dari produk yang berkualitas. Pada dasarnya ketika produk kita berkualitas dan konsumen puas, maka merekpun ikut terbangun.


5. Merek Harus Terus Berinovasi 

Merek yang dikagumi dan yang powerful adalah merek yang tidak pernah berhenti melakukan inovasi dan juga perbaikan terus-menerus. Inovasi ini bisa berupa inovasi dan perbaikan dalam layanan, strategi promosi serta pendekatan ke konsumen. Harapan dari strategi membangun merek adalah terjadinya pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang yang disebabkan oleh penjualan yang terus meningkat.


6. Rutin Berkomunikasi Dengan Konsumen

Merek yang disukai oleh konsumennya adalah merek yang tidak tertutup dengan dunia luar. Merek itu diibaratkan makhluk hidup sosial sehingga harus membangun hubungan dengan pihak lain dalam hal ini konsumen. Penting bagi merek untuk membangun brand engagement dengan konsumen. Istilah ini semakin sering digunakan oleh para pelaku bisnis dan pemasar. Engagement berarti ikatan dan kedekatan, kedua hal ini dibangun dengan komunikasi, percakapan, dialog dengan konsumen. Bahkan kedekatan juga bisa dibangun melalui produk yang berkualitas dan dikagumi oleh konsumen.


Artikel Terkait


Komentar


  • Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Komentar